Minggu, 15 Maret 2009

NATAL

PENDAHULUAN
Bulan Desember merupakan bulan yang teramat penting bagi saudara kita ummat kristiani, sehubungan dengan keyakinan mereka tentang kelahiran Yesus Kristus atau nabi Isa as, hari kelahirannya menjadi sangat penting dan selalu dirayakan dengan penuh suka cita.
Seiring dengan berjalannya waktu tokoh Yesus amatlah penting bagi dunia masa kini, kepentingannya bukan saja bagi dunia Kristen, tetapi juga bagi agama besar lain, khususnya dunia Yahudi dan Islam, yang mana ketiga agama besar tersebut memilki pandangan yang berbeda tentang pribadi Yesus, padahal jika agama-agama besar ini menyatukan pandangannya terhadap keadaan alami kristus tentang kelahirannya, tujuan kedatangannya dan kematiannya niscaya kesamaan pandangan ini akan membawa kepada pemecahan masalah atas sengketa tiga agama besar tersebut yang telah berlangsung ribuan tahun.
Namun sayang seribu kali sayang justru fakta-fakta yang paling mendasar tentang kehidupan Yesus, baik fakta tentang kelahirannya, tujuan kedatangannya dan riwayat akhir hidupnya benar-benar telah keliru difahami.
Ketiga agama tersebut memiliki aqidah yang bukan saja bertentangan tetapi juga telah menyulut api permusuhan yang nampak abadi tiada berkesudahan, dan sebagai gambaran mari kita lihat perbedaan pandangan ketiga agama tersebut berkenaan dengan kedudukan nabi Isa as.




No Agama Kelahiran Yesus Tujuan kedatangan Akhir hidupnya
1. Yahudi Menuduh sebagai anak Zina Hendak mendirikan kerajaan Allah di bumi Harus mati terkutuk di tiang salib
2. Kristen Anak hakiki Tuhan Juru selamat Meninggal di kayu salib un-tuk menebus dosa
KETERANGAN :
 Maryam telah mengandung tanpa ada hubungan suami isteri merupakan salah satu dari rahasia-rahasia Ilahi yang pada saat itu dianggap ada di luar jangkauan akal manusia untuk menyelaminya, namun dalam ilmu kedokteran sekarang tidak mutlak menolak kemungkinan tersebut sebab dari segi biologis ada gejala alami yang lazim disebut parthenogenesis (pembuahan sepihak) atau kelahiran seorang anak dari seorang pria tanpa adanya hubungan dengan seorang pria, ahli kedokteran telah menarik peristiwa Maryam kepada kesimpulan ini, sebagi akibat dari tumor-tumor tertentu yang kadangkala terdapat pada pinggul wanita atau bagian bawah wanita memiliki kemampuan menjadikan sel-sel sperma jantan, dan bila sel-sel tersebut hidup di produksi dalam badan wanita maka kemungkinan pembuahan pada diri seorang wanita tanpa perantaraan laki-laki tak dapat ditolak.

 ketika Maryam hendak melahirkan ia diperintahkan untuk mendekati pohon kurma yang di dekatnya ada mata air, hal ini memungkinkan siti Maryam memperoleh kemudahan supaya bIsa membersihkan diri setelah melahirkan, dan disebutkan pula bahwa phon kurma itu buahnya sudah matang dan segar-segar, hal ini memungkinkan siti Maryam memperoleh kemudahan mendapatkan makanan setelah kelelahan melahirkan.
 pohon kurma berbuah dan mencapai kematangan terjadi bukan pada bulan desember tetapi pada bulan Agustus-september.
 bila digabungkan dengan keterangan Lukas siti Maryam tidak mungkin berada di tempat terbuka pada musim dingin, dan tidak mungkin dapat membersihkan diri pada mata air yang disebutkan dalam surat Maryam ayat 25. mungkin bila pada bulan desember al-Qur’an tidak akan berbicara mata air tetapi air salju.

3. Islam
a. Umum)*


b. Ahmadiyah

Anak ajaib


anak manusia biasa sekalipun lahir tanpa bapak
Sebagai utusan Alloh


Sebagai rasul ter-akhir bagi bani Israel
Masih hidup dilangit dan akan turun di hari kiamat.
Meningal secara biasa dalam usia 120 tahun

Dalam Makalah kali ini kita akan fokus membahas masalah kelahiran Yesus sehubungan dengan hari Natal ummat kristiani tahun ini. Akan tetapi harus ditekankan disini bahwa dalam bentuk apapun kita tidak bermaksud merendahkan para penganut Kristen ataupun hendak menimbulkan jurang pemisah antara orang-orang Kristen masa kini dengan pribadi Yesus, akan tetapi mari kita selidiki bersama fakta-fakta tentang hari kelahiran Yesus berdasarkan pada kitab suci ummat Kristen dan Al-Qur’an, supaya memperoleh keterangan yang jelas kapan sebenarnya Kristus dilahirkan.

PENGERTIAN NATAL
Dalam kamus besar bahasa Indonesia tertulis bahwa Natal adalah hari kelahiran tuhan kristus, anak allah. Maka hari natal yang dirayakan setiap tahun bertujuan untuk memperingati hari kelahiran Kristus. Dan mengenai kebenarannya akan kita telusuri, apakah benar-benar Kristus lahir pada bulan Desember atau pada bulan-bulan lain.

SEJARAH PENETAPAN HARI NATAL ( versi Consensus gerejawan )
Berkenaan dengan Natal Uskup Barns mengatakan bahwa “Penetapan hari Natal oleh para ahli gerejawan terjadi kira-kira pada tahun 300 Masehi melalui sebuah consensus yang dihadiri oleh lebih kurang 400 ulama kristen.” Hal ini didukung oleh apa yang tertulis dalam Encyclopedia Britanica dan Chamber Encyclopedia pada kata
 musim panas di Betlehem dalam siklus alamnya terjadi pada bulan Agustus-september, tidak mungkin dalam bulan Desember, sebab pada bulan ini tengah musim salju, dan tidak mungkin penggembala bermalam dipadag rumput dalam waktu-waktu tersebut.

b. Kesaksian Al-Qur’an

 surat Maryam ayat 18-26 (Maryam mengandung)
18. …………lalu kami utus kepadanya malaikat kami maka ia nampak kepadanya berupa manusia sempurna.19. Maryam berkata aku berlindung Kepada Alloh yang Maha pemurah dari engkau jika engkau bertakwa. 20. malaikat menjawab sesungguhnya aku hanyalah seorang utusan tuhan engkau, supaya aku memberikan menurut wahyu kepada engkau seorang anak laki-laki suci, 21. Maryam berkata bagaimana aku akan mempunyai seorang anak laki-laki padahal tidak ada seorang manusia pun menyentuhku dan aku tidak berzina. 22. malaikat berkata demikianlah tuhan engkau berfirman, itu mudah Bagi-Ku dan supaya kami menjadikan dia suatu tanda dan suatu rahmat dari kami dan hal itu adalah perkara yang telah diputuskan 23. maka Maryam mengandungnya………….

 Maryam melahirkan Surat Maryam ayat 24-26
24. maka datang kepadanya rasa sakit melahirkan dan memaksanya pergi ke sebatang pohon kurma, ia berkata alangkah baiknya aku mati sebelum ini dan aku menjadi sesuatu yang di lupakan sama sekali. 25. maka malaikat berseru kepadanya dari arah bawah dia, ;janganlah engkau bersedih hati sesungguhnya tuhan engkau telah membuat mata air di bawah engkau 26. dan goyangkanlah pelepah batang kurma itu, ia akan menjatuhkan atas engkau buah kurma yang matang lagi segar

Christmas bahwa : hari dan tahun yang tepat mengenai kelahiran Isa tidak pernah mendapat ketetapan yang memuaskan; tetapi ketika bapak-bapak gerejawan pada tahun 340 Masehi memutuskan tanggal untuk merayakan peristiwa itu. Mereka dengan bijaksana memilih hari balik matahari (Soltice) di musim dingin yang telah tertanam dengan kuat dalam hati rakyat dan merupakan pesta ( para penyembah matahari) yang paling penting.
Hari balik matahari di musim dingin itu dianggap sebagai hari kelahiran matahari, dan di Roma 25 desember dianggap sebagai suatu pesta orang-orang musyrik memperingati soltice, dan akhirnya pihak gereja mengambil simpati rakyat Roma dengan tidak menghapuskan perayaan mereka namun mengganti namanya dengan sedikit sentuhan rohani sebagai hari lahir matahari kesalehan (ch Enc).
Jadi dari awalnya penetapan Natal itu sama sekali tidak berhubungan dengan peristiwa kelahiran Isa itu sendiri seperti yang telah diyakini sekarang.

SOLUSI ATAS KONTROVERSI NATAL.
Berbagai perdebatan yang telah menuai kontroversi seputar penetapan hari Natal, sebenarnya tidak akan terjadi jika penganut agama Kristen berpegang teguh pada kitab sucinya, begitu juga umat Islam tidak akan salah memahami nabi Isa as jika mendasarkan keyakinan dan pola pikirnya terhadap kitab suci Al-Qur’an. Sebab baik Al-Qur’an maupun Injil memberikan kesaksian yang benar tentang kapan lahirnya Nabi Isa as, sekalipun dalam warna yang berbeda tetapi keduanya telah menunjukan situasi yang tepat seputar kelahiran nabi Isa as. dan buktinya sebagai berikut ;

a. Kesaksian Al-kitab

Maria/Siti Maryam mengandung
Lukas Pasal 1 ayat 28-34
28. Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria ia berkata, “ salam hai engkau yang dikaruniai, tuhan menyertai engkau 29. Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya dalam hatinya apakah arti salam itu 30. Kata malaikat itu kepadanya ‘ jangan takut hai Maria sebab engkau beroleh kasih karunia dihadapan Allah 31. sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan sedang anak itu laki-laki dan hendaklah engkau menamai dia Yesus. 34. kata Maria kepada malaikat itu, bagaimana hal itu mungkin terjadi karena aku belum bersuami 35. jawa malaikat kepadanya roh Qudus akan turun atasmu dan Kuasa Allah yang Maha tinggi akan menaungi engkau sebab ia anak yang akan engkau lahirkan itu akan disebut Qudus, anak Allah.

Maria melahirkan
Lukas pasal 2 ayat 6-11

6. Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi maria untuk bersalin 7. dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkan di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka dirumah penginapan 8. di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di Padang (rumput) menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam, kemudian seorang malaikat turun dan berkata “ hari ini telah lahir bagimu juru selamat, yaitu kristus, tuhan, di kota Daud.

KETERANGAN.

Dari kesaksian kitab Lukas dapat disimpulkan bahwa :
 Maryam telah mengandung tanpa ada hubungan suami isteri,
 Maria melahirkan Yesus di dekat padang gembalaan ternak dekat Betlehem dan waktu malam hari para penggembala membuat tenda-tenda untuk bermalam sambil menunggu ternak mereka, hal ini menunjukan saat itu sedang musim panas
KESIMPULAN
1. Berdasarkan kesaksian Al-Qur’an dan Kitab injil Lukas, memberikan sanggahan yang jelas sekaligus penolakan faktual, bahwa tidak mungkin Yesus lahir pada bulan Desember, melainkan terjadi antara Agustus-September,
2. Berdasarkan sejarah penetapan Natal ternyata tidak dIsandarkan kepada hari kelahiran Yesus tetapi pada kebiasaan perayaan hari kelahiran matahari.

PENUTUP
Akhirnya dengan pembahasan singkat ini diharapkan kita bIsa memahami hakikat sebenarnya tentang kelahiran Nabi Isa as. Bahwa beliau sejatinya adalah manusia biasa yang dilahirkan oleh seorang ibu, namun memperoleh kehormatan menjadi rasul Allah yang terakhir bagi bani Israil.
Dan dalam Makalah ini hanya membahas masalah kelahirannya sedangkan masalah-masalah yang lainnya seputar baliau masih banyak dan akan di bahas dalam waktu dan kesempatan lain.

MATERI KAJIAN REMAJA

benarkah
25 DESEMBER
HARI KELAHIRAN YESUS ?

Disusun oleh ; B Ahmad sanusi
Mubaligh JAI Tawangmangu

Materi disampaikan pada :
Pengajian MKAI dan LI Remaja
Mesjid Mubarak
25 Desember 2006


1 komentar:

  1. trimakasih artikelnya, setidaknya menambah keyakinan saya tentang kebeharan ajaran islam. andai saja umat kristiani membaca dan mau membuka hatinya,serta mengakui kekeliruan yg selama ini dia yakini,maka semua berkat jasa anda dan hidayah dari Allah tentunya. moga anda selalu di berkati oleh Allah swt, amiiiii....n dan di beri kekutan untuk selalu menyebarkan kebenaran ajara islam, yang rahmatallil alamin

    BalasHapus